Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Soal (Uraian) Daur Hidup Hewan dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Daur Hidup Hewan

1. Uraikan Daur Hidup Jangkrik!

Jawaban:
Jangkrik betina biasanya akan meletakkan telur telurnya di dalam pasir. Telur jangkrik menetas menjadi nimfa atau anak jangrik. Pada fase ninfa terjadi pergantian kulit sebanyak 6 sd 8 kali. Setelah ganti kulit yang terakhir, nimfa akan menjadi jangkrik dewasa (Imago). Urutan daur hidup jangkrik : telur – nimfa – jangrik dewasa


2. Uraikan Daur Hidup Capung!

Jawaban:
Hewan capung betina umumnya meletakkan telurnya pada tumbuhan yang hidup di air. Untuk telur capung diselimuti dengan lendir. Telurnya akan berubah menjadi bentuk larva setelah dua hari sampai satu minggu. Larva kemudian akan menjadi nimfa yang hidup di air. Lalu, nimfa adalah salah satu predator yang memangsa anak ikan juga berudu. Setelah lepas dari tahap nimfa, capung akan keluar dari kulit nimfa. Kemudian capung dalam bentuk muda tersebut hidup di daratan menjadi hewan yang sempurna dan dewasa. Metamorfosis capung tidak melewati tahap kepompong, sehingga hewan ini dikategorikan mengalami metamorfosis tidak sempurna. Urutan daur hidup capung adalah : telur – nimfa – capung muda – capung dewasa.


3. Jelaskan Metamorfosis Tidak Sempurna!

Jawaban:
Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang hanya melewati 3 tahapan, yaitu awali dari telur menjadi nimfa atau larva, kemudian menjadi hewan dewasa. Hewan yang mengalami metamorfasis tidak sempurna bentuk hewan muda mirip dengan induknya sendiri, Namun ada bagian-bagian tubuh yang belum terbentuk, misalnya sayap. Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada serangga seperti capung, jangkrik, belalang dan kecoa.


4. Uraikan Daur Hidup Kupu-Kupu!

Jawaban:
Metamorfosis sempurna kupu-kupu betina di awali dengan bertelur di permukaan daun. Lalu telur akan menetas menjadi ulat atau larva. Ulat akan memakan berbagai daun tumbuhan.
Ketika telah mendapatkan cukup makanan, ulat akan tumbuh dan berkembang menjadi kepompong (pupa). Kemudian, kepompong yang telah cukup waktu berubah menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu ketika sudah dewasa akan bertelur, demikian seterusnya. Urutan daur hidup kupu-kupu adalah : telur – ulat (larva) – kepompong – kupu muda – kupu dewasa.