Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Soal (Uraian) Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup + Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk hidup

1. Apakah yang akan terjadi apabila hormone auksin rusak akibat panasnya matahari di siang hari?

Jawaban:
Auksin akan rusak dan berubah menjadi suatu zat yang justru akan menghambat terjadinya pembelahan sel-sel pada daerah pemanjangan batang, sehingga pertumbuhan sel-sel batang yang terkena sinar matahari akan menjadi lebih lambat dibandingkan dengan sel-sel jaringan pada sisi batang yang tidak terkena sinar matahari.


2. Tuliskan faktor eksternal atau lingkungan yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan!

Jawaban:
Faktor-faktor eksternal atau lingkaran yang berpengaruh sebagai berikut:
a. Iklim seperti cahaya, temperatur udara, air, angin, matahari, dan gas.
b. Tanah meliputi tekstur dan struktur tanah, bahan organik, ketersediaan nutrient, dan pH.
c. Biologis, seperti gulma, serangga mikroorganisme penyebab penyakit, nematode macam-macam tipe herbivora, mikroorganisme tanah seperti bakteri pemfiksasi N dan bakteri denitrifikasi serta mikorhiza.


3. Mengapa jika sitokinin banyak diberikan pada tumbuhan akan banyak tumbuh tunas, tetapi jika sedikit diberikan pada tumbuhan akan terbentuk banyak akar?

Jawaban:
Hal ini terjadi karena sitokini dapat menghentikan dominasi pertumbuhan kuncup atas (apikal) dan merangsang pertumbuhan kuncup samping (lateral)


4. Tuliskan dan jelaskan fungsi fase pertumbuhan dan perkembangan pada hewan!

Jawaban:
Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dapat dibagi menjadi dua fase, yaitu fase embrionik dan fase pasca embrionik. Fase embrionik adalah pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari zigot sampai terbentuknya embrio sebelum lahir atau menetas. Sedangkan fase pasca embrionik merupakan pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai sejak lahir atau menetas hingga hewan itu dewasa.


5. Apakah pengaruh cahaya dan air terhadap pertumbuhan tanaman?

Jawaban:
Pengaruh cahaya dan air terhadap pertumbuhan tanaman, yaitu pada tumbuhan hijau, cahaya memang sangat diperlukan untuk keperluan fotosintesis, tetapi terhadap pertumbuhan, cahaya bersifat menghambat, karena pada daerah pertumbuhan terdapat zat tumbuh yang disebut auksin.