Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Uraian) Sel dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Sel

1. Sel hewan apabila dimasukkan ke dalam larutan gula 10% akan memberikan respon yang berbeda. Jelaskan perbedaan respon tersebut! Mengapa respon tersebut terjadi?

Jawaban:
Respon berbeda tergantung konsentrasi cairan sel. Sel menggembung krn air dalam sel masuk atau mengerut karena air keluar. Jika cairan sel hipotonis(konsentrasi lebih rendah) drpd larutan gula, maka air akan keluar sel. Jika cairan sel hipertonis, air dr larutan gula akan masuk ke dlm sel. Yang kluar-masuk hany air karena molekul gula tidka bs melewati membran sel.


2. Bila sel dalam keadaan isotonik, apakkah terjadi transport zat ke dalam dan keluar sel?

Jawaban:
Jika isotonis maka tidak akan terjadi transport zat/air, karena konsentrasi sudah sama dan tidak perlu ada zat/air yang dipindahkan untuk menyeimbangkan konsentrasi larutan antara di dalam dan di luar sel.


3. Mengapa sel darah merah mengalami hemolisis jika ditempatkan pada lingkungan yang hipotonik?

Jawaban:
Di dalam lar hipotonik air akan masuk ke dalam sel darah untuk menyeimbangkan konsentrasi(karena zat/molekul darah tidak bisa keluar melewati membran sel darah), masuka├▒ air terus-menerus membuat sel menggembung dan menekan kearah luar sehingga hemoglobin hancur/terpisah dari sel darah merah(hemolisis)


4. Mengapa membran plasma juga perlu melakukan transport aktif? Apakah transport pasif saja tidak cukup?

Jawaban:
Karena molekul spt glukosa/asam amino tdk bs melewati membran semipermeabel dengan transpor pasif (difusi/osmosis). Supaya bisa lewat maka diperlukan energi pengaktifan(ATP) melibatkan ion Na, K, & protein kotransfer agar zat tersebut bisa melewati membran. Itulah yang disebut transpor aktif. Hal ini misal├▒ya terjadi saat pengangkutan air dari korteks ke silinder pusat melalui endodermis


5. Tuliskan organela sel pada tumbuhan dengan perannya ?

Jawaban:
Organela sel pada tumbuhan dengan perannya
a. Dinding sel adalah struktur di luar membran plasma yang membatasi ruang bagi untuk membesar. Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak dan berkembang bebas.
b. Selaput sel merupakan selaput yang membatasi sebuah sel. Selaput ini mengatur gerakan zat yang masuk ke dalam atau ke luar dari dalam sel.
c. Kloroplas merupakan tempat untuk membentuk makanan melalui proses fotosintesis.
d. Mitokondria adalah organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel makhluk hidup, selain fungsi selular lain, seperti metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidina, homeostasis kalsium, transduksi sinyal selular dan penghasil energi berupa adenosina trifosfat pada lintasan katabolisme.
e. Sitoplasma merupakan bagian yang meliputi seluruh isi sel, kecuali inti sel. Sitoplasma mengandung protein, karbohidrat, dan lemak.
f. Inti sel merupakan pusat pengatur seluruh kegiatan sel dan terutama mengatur perkembangbiakan sel serta perkembangan sel selanjutnya.
g.Vakuola merupakan ruang dalam sel yang berisi cairan yang berupa rongga yang diselaputi membran. Vakuola terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Vakuola kontraktil (berufngsi sebagai osmoregulator yaitu pengatur nilai osmotik sel atau ekskresi)& Vakuola nonkontraktil (berfungsi untuk mencerna makanan dan mengedarkan hasil makanan.)\


6. Tuliskan organela sel pada hewan dengan perannya ?

Jawaban:
Organela sel pada hewan dengan perannya
a. Nukleus/selaput sel adalah untuk menjaga integritas gen-gen tersebut dan mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen , Selain itu, nukleus juga berfungsi untuk mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan sel, memproduksi mRNA untuk mengkodekan protein, sebagai tempat sintesis ribosom, tempat terjadinya replikasi dan transkripsi dari DNA, serta mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus dimulai, dijalankan, dan diakhiri.
b. Lisosom berfungsi berperan dalam proses matinya sel-sel.
c. Aparatus golgi memiliki fungsi sebagai berikut:
1) Membentuk kantung (vesikula) untuk sekresi. Terjadi terutama pada sel-sel kelenjar kantung kecil tersebut, berisi enzim dan bahan-bahan lain.
2) Membentuk membran plasma. Kantung atau membran golgi sama seperti membran plasma. 
3) Kantung yang dilepaskan dapat menjadi bagian dari membran plasma.
4) Membentuk dinding sel tumbuhan
5) Dapat membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur dan pembentukan lisosom.
6) Tempat untuk memodifikasi protein
7) Untuk menyortir dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel
8) Untuk membentuk lisosom
9) Membentuk Akrosom pada spermatozoa
d. Retikulum Endoplasma Kasar, sebagai tempat melekatnya ribosom.
e. Mitokondria berfungsi dalam proses oksidasi dan mualisasi.
f. Sentriol adalah organel yang terjadi pada pasangan di luar inti sel . Selama pembelahan sel sepasang sentriolb ergerak ke setiap ujung sel, membentuk kutub gelendong mitosis. Sentriol juga menimbulkan badan basal yang mengontrol asal silia dan flagela dalam sel motil dari protista.
g. Mikrotubulus terlibat dalam gerakan sel, bentuk sel dan pembentukan spindle mitosisselama pembelahan sel (mitosis).
h. Sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus membran sel. Pada sel eukariota, sitoplasma adalah bagian non-nukleus dari protoplasma. Pada sitoplasma terdapat sitoskeleton, berbagai organel dan vesikuli, serta sitosol yang berupa cairan tempat organel melayang-layang di dalamnya. Sitosol mengisi ruang sel yang tidak ditempati organel dan vesikula dan menjadi tempat banyak reaksi biokimiawi serta perantara transfer bahan dari luar sel ke organel atau inti sel.


7. Apa yang dimaksud dengan sel?

Jawaban:
Sel adalah unit dasar struktural dan fungsional dari semua makhluk hidup.


8. Sebutkan tiga komponen utama sel dan jelaskan fungsinya.

Jawaban:
Membran sel (pengatur masuk/keluar zat), sitoplasma (tempat reaksi seluler terjadi), dan inti sel (mengandung materi genetik).


9. Apa perbedaan antara sel prokariotik dan eukariotik?

Jawaban:
Sel prokariotik tidak memiliki inti sel dan organel membran, sedangkan sel eukariotik memiliki inti sel dan organel membran-terikat.


10. Jelaskan peran mitokondria dalam sel.

Jawaban:
Mitokondria bertanggung jawab untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP melalui respirasi seluler.


11. Bagaimana sel mempertahankan bentuk dan strukturnya?

Jawaban:
Sel mempertahankan bentuk dan strukturnya melalui kerangka sitoskeleton yang terdiri dari protein.


12. Apa yang dimaksud dengan dinding sel, dan di mana ditemukan?

Jawaban:
Dinding sel adalah lapisan eksternal yang terutama ditemukan pada sel tumbuhan, jamur, dan bakteri. Ini memberikan dukungan dan perlindungan.