Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Soal (Uraian) Siklus Air dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Siklus Air

1. Apa itu adveksi?

Jawaban:
Adveksi adalah proses perpindahan awan dari satu ke titik ke titik lain dalam satu horizontal. Awan tersebut merupakan hasil dari proses kondensasi sebelumnya. Proses adveksi ini dapat terjadi karena adanya arus angin atau perbedaan tekanan udaara. Adveksi memungkinkan awan akan menyebar dan berpindah dari atmosfer lautan menuju atmosfer daratan, ataupun sebaliknya. Sebagai catatan, tahapan adveksi ini tidak terjadi pada siklus hidrologi pendek.


2. Apa yang dimaksud dengan presitipasi?

Jawaban:
Proses presitipasi merupakan tahap mencairnya awan karena tidak mampu lagi menahan suhu yang semakin meningkat. Pada tahap ini awan akan mencair hingga air akan turun ke bumi. Fenomena inilah yang kita kenal sebagai hujan. Butiran-butiran air akan jatuh dan membasahi permukaan bumi lewat hujan. Jika suhu udara di sekitar awan terlalu rendah atau suhunya kurang dari 0 derajat celcius, maka kemungkinan akan terjadi hujan salju atau hujan es.


3. Apa itu evapotranspirasi?

Jawaban:
Sesuai namanya, proses evapotranspirasi ini merupakan gabungan dari proses evaporasi dan transpirasi. Pada proses ini, penguapan air dari tahapan evaporasi dan transpirasi akan digabung dan diakumulasikan. Secara teori, evapotranspirasi bukanlah tahapan utama, karena perannya hanya menggabungkan dua proses tahapan yang sudah terjadi. Namun untuk tujuan memudahkan, proses ini sering dimasukkan dalam tahapan siklus hidrologi.


4. Apa yang dimaksud dengan sublimasi?

Jawaban:
Urutan siklus hidrologi yang berikutnya adalah proses sublimasi. Proses ini sebenarnya masih sama dengan proses-proses di atas, yakni proses penguapan air, hanya saja penguapan air pada sublimasi terjadi di gunung dan daerah kutub. Sublimasi juga mengubah molekul cair pada daerah kutub dan gunung menjadi uap air dalam bentuk benda gas. Cairan yang diuapkan pada sublimasi cenderung lebih sedikit. Selain itu proses sublimasi juga memerlukan waktu yang relatif lebih lama.


5. Jelaskan tentang kondensasi!

Jawaban:
Uap air yang telah dihasilkan melalui proses evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi, dan proses sublimasi akan naik hingga titik ketinggian tertentu. Melalui proses kondensasi, uap-uap air tersebut akan diubah menjadi partikel es berukuran sangat kecil. Dengan kata lain, proses kondensasi merupakan proses berubahnya air menjadi partikel es akibat suhu udara yang rendah hingga akhirnya membentuk awan hitam yang tebal. Hal ini memungkinkan terjadi karena pengaruh suhu udara yang rendah di titik ketinggian tersebut.


6. Apa yang dimaksud dengan siklus air?

Jawaban: 
Siklus air adalah proses alami di mana air bergerak melalui lingkungan dalam berbagai bentuk, termasuk evaporasi, kondensasi, presipitasi, infiltrasi, dan aliran.


7. Jelaskan tahapan pertama dalam siklus air.

Jawaban: 
Tahapan pertama adalah evaporasi, di mana air dari permukaan tanah dan permukaan air laut menguap ke atmosfer dalam bentuk uap air.


8. Mengapa kondensasi penting dalam siklus air?

Jawaban: 
Kondensasi penting karena dalam tahap ini uap air mengembun dan membentuk awan, yang merupakan langkah penting dalam pembentukan hujan.


9. Bagaimana presipitasi memengaruhi siklus air?

Jawaban: 
Presipitasi adalah ketika uap air dalam awan kembali ke bentuk cairan atau padat dan jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan, salju, atau embun beku.


10. Apa yang terjadi selama tahap infiltrasi dalam siklus air?

Jawaban: 
Infiltrasi terjadi ketika air dari presipitasi meresap ke dalam tanah dan memasuki airtanah.


11. Mengapa aliran permukaan penting dalam siklus air?

Jawaban: 
Aliran permukaan memungkinkan air yang tidak terserap oleh tanah mengalir ke sungai, danau, dan laut, sehingga kembali ke siklus air.


12. Jelaskan peran transpirasi dalam siklus air.

Jawaban: 
Transpirasi adalah proses di mana tanaman melepaskan uap air melalui daunnya ke atmosfer, yang kemudian berkontribusi pada uap air atmosfer.


13. Apa pengaruh deforestasi terhadap siklus air?

Jawaban: 
Deforestasi mengurangi transpirasi tanaman, mengganggu siklus air lokal dan dapat menyebabkan perubahan iklim setempat.