Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Soal (Uraian) Berpikir Komputasional (Tematis) dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Berpikir Komputasional (Tematis)


1. Berikan contoh bentuk pemecahan komputasi di biang biologi dalam ruang lingkup dekomposisi!

Jawaban:  
Melihat dengan cara yang berbeda bagaimana organisme dapat diklasifikasikan. Misalnya membangi organisme yang bersangkutan berdasarkan habitat. Organisme yang hidup di air, atau organisme yang sayap untuk terbang.


2. Uraikan yang Anda ketahui tentang bioinformatika!

Jawaban:    
Bioinformatika adalah ilmu yang mempaelajari penerapan teknik komputsional untuk mengelola dan menganalisisinformasi biologi. Bidang jenis ini meliputi penerapan metode-metode matematika, statistik, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologi, terutama menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Pada bidang ini meliputi basis data yang digunakan untuk mengelola informasi biologi, penyejajaran sekuens (sequence aligenment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.


3. Jelaskan yang dimaksud dengan model logika dalam komputasi!

Jawaban:    
Model jenis ini terdiri dari satu set nilai-nilai, definisi hubungan, dan kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi hubungan dan suatu komputasi adalah suatu bukti (suatu urutan kesimpulan)


4. Berikan contoh bentuk pemecahan komputasi di bidang biologi dalam ruang lingkup Desain Algoritma!

Jawaban:    
Pada bagian ini bukan mengembangkan algoritma, tetapi akan berpikir cara lain yang lebih efisien untuk mengklasifikasikan organisme di luat metode yang digunakan dalam mengelompokkan organisme.


5. Terangkan yang Anda ketahui tentang Petri Net!

Jawaban:    
Penerapan komputasi dengan model Petri net pertama kali diajukan oleh Carl Adam Petri pada tahun 1962. Petri net adalah salah satu model untuk merepresentasikan sistem terdistribusi diskret. Petri net sebagai sebuah model memiliki grafik dua arah yang terdiri dari place, transition, dan tanda panah yang menghubungkan keduanya. Disamping itu, memiliki kemampuan dalam merepresentasikan keadaan sistem dengan posisi token diletakan pada place tertentu. Ketika sebuah transition terpantik dengan baik, maka token akan bertansisi sesuai dengan arah tanda panah.


6. Tuliskan hubungan antara mesin Moore dengan prinsip dasar komputer!

Jawaban:    
Dalam teori komputasi sebagai prinsip dasar komputer, mesin Moore dapat dikategorikan sebagai otomasi fase berhingga (finite state automation) dengan output ditentukan oleh fase saat itu sehingga tidak terpengaruholeh bagian input. Diagram fase (state diagram)dari mesin Moore memiliki sinyat output untuk tiap fase. Hal ini berbeda dengan mesin Mealy yang memiliki output untuk tiap transisi.


7. Bagaimanakah manfaat komputasi menggunakan Goole Earth?

Jawaban:    
Komputasi astronomi digunakan di salah satu sofeware yang cukup dikenal yaitu Google Earth. GoogleEarth merupakan sebuah program globe virtual yang sebebarnya disebut Earth Viewer dan dibuta oleh Keyhole, Inc. program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. selain pemetaan Bumi, Google earth juga memetakan rasi bintang, planet mars, dan juga bulan.


8. Uraikan yang Anda ketahui tentang fisika komputasi!

Jawaban:    
Implementasi komputasi yang mempelajari suatu gabungan antara fisika, komputer sains, dan matematika Terapan untuk memberikan solusi pada kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata dengan menggunakan simulasi juga menggunakan algoritma yang tepat. Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, seperti MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisikakomputasi.


9. Mengapa mempelajari scientific computing menjadi sesuatu hal yang penting dilakukan di era globalisasi?

Jawaban:    
Karena komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang digunakan dalam bidang sains, rekayasa, dunia usaha (bisnis), hingga edukasi, sehingga mempelajari scientific computing menjadi sesuatu hal yang penting dilakukan di era globalisasi.


10. Uraikan hubungan antara dunia sains dan teknik rekayasa!

Jawaban:    
Dalam dunia sains dan teknik rekayasa pasti tidak akan lepas dari model matematika bahkan dunia bisnis seperti ekonomi makro dan mikro akan tetap terlibat pada penggunaan model matematika, tetapi dengan nama yang berbeda tetapi hakikatnya tetap sama. Pada computer science akan membahas hal-hal seputar teknologi informatika yang dapat menunjang scientific computing, namun perlu digarisbawahi bahwa scientific computing tidak mempelajari semua materi dari computer science.


11. Apa itu berpikir komputasional, dan mengapa hal itu penting dalam era digital?

Jawaban: 
Berpikir komputasional adalah kemampuan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan seperti komputer. Ini penting karena memungkinkan kita untuk menghadapi tantangan digital dengan efektif dan efisien.


12. Jelaskan konsep dasar di balik algoritma dalam berpikir komputasional.

Jawaban:  
Algoritma adalah langkah-langkah berurutan untuk menyelesaikan tugas atau masalah. Dalam berpikir komputasional, algoritma memungkinkan kita untuk memodelkan dan menyelesaikan masalah secara logis.


13. Bagaimana berpikir komputasional berbeda dari berpikir tradisional?

Jawaban: 
Berpikir komputasional melibatkan pendekatan logis dan berorientasi pada solusi, sementara berpikir tradisional mungkin lebih intuitif dan berdasarkan pengalaman.