Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal (Uraian) Desain Multimedia Interaktif dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Desain Multimedia Interaktif

1. Apakah ppt termasuk media interaktif?

Jawaban:
Powerpoint merupakan aplikasi pembantu untuk membuat paparan dalam bentuk slide presentasi yang interaktif sehingga materi dapat ditampilkan lebih efektif dan professional.


2. Apa yang dapat dibuat dari media interaktif?

Jawaban:
Selain itu, media interaktif dapat menjadi wadah konten yang menarik agar peserta didik dapat menghabiskan waktunya untuk mengakses media interaktif. Kedua, media interaktif seharusnya akan menjadikan peserta didik dapat berinteraksi serta menanyakan pada guru terkait feedback yang ingin disampaikan pada guru mereka.


3. Apa keutamaan belajar tentang desain media interaktif?

Jawaban:
Lebih interaktif. Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi. Kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.


4. Berapa jenis multimedia interaktif?

Jawaban:
Ada 3 jenis media pembelajaran interaktif yang dapat dengan mudah ditemukan di internet, yakni multimedia pembelajaran interaktif berbasis e-learning, media pembelajaran website pendidikan situs belajar online, media interaktif berbasis software dan media belajar interaktif berbasis aplikasi android.


5. Jelaskan langkah dalam mengembangkan multimedia interaktif?

Jawaban:
Multimedia interaktif dikembangkan berdasarkan prosedur penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan langkah –langkah sebagai berikut: 
1) Analisis
2) Desain
3) Pengembangan
4) Implementasi
5) Evaluasi


6. Apa yang menjadi kunci utama dari multimedia interaktif?

Jawaban:
Kunci utama dari multimedia interaktif adanya pengguna yang bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan system dengan baik. Yang dapat menggabungkan antara komponen-komponen multimedia dengan bahasa pemrograman sehingga hasil yang akan didapat, dapat berinteraksi dengan pengguna 


7. Seberapa pentingkah penerapan konsep multimedia interaktif dalam pendidikan?

Jawaban:
Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika menggunakan multimedia dalam sebuah proses belajar mengajar, yaitu interaksi siswa meningkat, meningkatkan minat siswa dalam belajar, mempermudah dalam penyampaian materi dimana lebih efisien dan efektif.


8. Apa itu multimedia interaktif offline *?

Jawaban:
Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampainnya tidak melalui jalur/kawat/saluran/ jaringan, contohnya CD interaktif.


9. Apakah video termasuk multimedia interaktif?

Jawaban:
Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan suara. Untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi, melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.