Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Soal (Pilihan Ganda) Psikiatri dan Jawaban

Contoh Soal Pilgan Psikiatri

1. Seorang perempuan usia 26 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan sangat ketakutan setiap kali naik lift. Keluhan tersebut juga muncul ketika pasien berada di ruangan sempit dan tertutup. Saat masih kecil pasien sering dikurung ayahnya di ruangan sempit setiap kali bertengkar dengan saudaranya. Apakah diagnosis pasien tersebut?
A. Klaustrofobia
B. Entomofobia
C. Monofobia
D. Akrofobia
E. Agorafobia

Jawaban:
A. Klaustrofobia


2. Seorang perempuan usia 25 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri setiap kali berhubungan seksual dengan suaminya. Sebelumnya pasien pernah memiliki riwayat diperkosa oleh perampok saat ia masih SMP. Pada pemeriksaan status lokalis urogenital tidak didapatkan adanya kontraksi pada otot vagina. Apakah diagnosis pada pasien tersebut?
A. Vaginismus non organik
B. Dispareunia non organik
C. Gangguan cemas menyeluruh
D. PTSD
E. Gangguan keinginan seksual

Jawaban:
B. Dispareunia non organik


3. Seorang laki-laki usia 28 tahun dibawa rekan kerjanya ke UGD karena dikeluhkan kejang. Sebelumnya pasien baru saja ditegur oleh atasannya karena masalah pembukuan keuangan kantor. Pasien merupakan seorang penanggung jawab keuangan di kantornya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan dalam batas normal. Riwayat penyakit infeksi maupun kejang sebelumnya disangkal. Apakah diagnosis pada pasien?
A. Gangguan malingering
B. Gangguan konversi
C. Factitious disorder
D. Gangguan cemas menyeluruh
E. Serangan panik

Jawaban:
A. Gangguan malingering


4. Seorang laki-laki usia 20 tahun datang ke poliklinik bersama ibunya. Ia tampak berpenampilan dengan rambut Panjang, make-up dan pakaian menyerupai perempuan. Pasien merasa lebih nyaman sebagai seorang perempuan dan memiliki keinginan untuk mengubah jenis kelamin. Sejak kecil pasien memang lebih banyak berinteraksi dan memiliki sahabat perempuan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan dalam batas normal. Apakah diagnosis pada pasien?
A. Transeksual
B. Gangguan identitas jenis kelamin masa kanak
C. Gangguan identitas disosiatif
D. Gangguan konversi
E. Gangguan homoseksual

Jawaban:
A. Transeksual


5. Seorang laki-laki usia 40 tahun dibawa ke poliklinik karena tampak diam dan mengurung diri sejak 1 bulan yang lalu. Setiap kali diberi pertanyaan pasien hanya terdiam dan terkadang menjawab pertanyaan dengan satu jawaban yang sama. Menurut keluarga, setahun yang lalu, pasien pernah mengamuk dan membakar rumahnya karena mendengar bisikan-bisikan yang menyatakan bahwa rumahnya adalah sarang iblis. Pasien pernah dirawat di RSJ dan menjalani pengobatan teratur. Namun, sejak 2 bulan ini pasien tidak minum obat lagi karena merasa sudah sembuh. Apakah diagnosis pasien tersebut?
A. Depresi berat dengan gejala psikotik
B. Depresi berat tanpa gejala psikotik
C. Skizofrenia Residual
D. Withdrawal Anti Psikosis
E. Skizoafektif

Jawaban:
C. Skizofrenia Residual


6. Seorang perempuan usia 60 Tahun dibawa ke UGD Rumah Sakit oleh keluarganya karena penurunan kesadaran. Awalnya pasien baik-baik saja, sejak 2 hari terakhir pasien bicara melantur dan semakin parah. Pasien tampak gelisah dan mengatakan bahwa dirinya melihat anak-anak berlarian di sekelilingnya, padahal ia hanya tinggal bertiga bersama suami dan anak sulungnya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 180/140 mmHg, nadi 100 kali/menit, napas 24 kali/menit. Hasil pemeriksaan gula darah 525 mg/dl. Sebelumnya tidak ditemukan riwayat gejala serupa pada pasien. Apakah terapi yang tepat diberikan pada pasien?
A. Buspiron
B. Sertralin
C. Amitriptilin
D. Diazepam
E. Haloperidol

Jawaban:
E. Haloperidol


7. Seorang mahasiswa FK datang ke puskesmas dengan keluhan sulit untuk memulai tidur di malam hari. Keluhan ini dirasakan sudah 4 minggu lama nya. Belakangan ini juga pasien sering menggantikan jaga malam pacarnya. Pada status generalis didapatkan pasien tampak lelah dan mata cekung. Diagnosis pada pasien ini adalah...
A. Somnabulisme
B. Narkolepsi
C. Sleep apnea
D. Insomnia
E. Amnesia

Jawaban:
D. Insomnia


8. Seorang laki-laki usia 25 tahun datang ke poliklinik dengan riwayat skizofrenia tipe paranoid. Pasien telah menjalani terapi dosis rendah haloperidol dalam 3 tahun terakhir. Dalam beberapa bulan ini, gejala paranoid dan halusinasi auditoriknya menjadi lebih menonjol dan psikiaternya memutuskan untuk meningkatkan dosis haloperidolnya. Ibu pasien kemudian memberitahu psikiater bahwa pasien menjadi sering gelisah, mondar-mandir ke sana kemari dan kakinya bergerak tidak tenang saat duduk. Pengobatan apa yang dapat diberikan untuk mengatasi efek samping pada pasien tersebut?
A. Bromokriptin
B. Chlorpromazine
C. Triheksifenidil
D. Propranolol
E. Difenhidramin

Jawaban:
D. Propranolol


9. Seorang laki-laki usia 32 tahun datang ke poliklinik karena merasa sedih tidak dapat memuaskan pasangannya setiap kali berhubungan seksual. Keluhan ini sudah berlangsung sejak 6 bulan terakhir. Pasien mudah mengalami ejakulasi sehingga waktu berhubungan intim terlalu singkat. Istri pasien marah karena tidak puas. Pasien merasa malu dan tidak percaya diri dengan istrinya karena merasa tidak perkasa. Apakah diagnosis pada pasien?
A. Aversi seksual
B. Ejakulasi dini
C. Sexual pain disorder
D. Ejakulasi terhambat
E. Gangguan ereksi

Jawaban:
B. Ejakulasi dini


10. Tn. F, 23 tahun, datang ke Puskesmas dengan keluhan sulit tidur. Pasien mengalami keinginan untuk menggerakkan tungkai atau lengan. Terkadang disertai dengan sensasi yang tidak menyenangkan seperti rasa ada yang merayap, terbakar, atau gatal sehingga pasien merasa sangat tidak nyaman. Hasil pemeriksaan TTV dalam batas normal. Apakah diagnosis yang tepat?
A. Obstructive Sleep Apnea
B. Nightmare
C. Narkolepsi
D. Somnabulisme
E. Restless Leg Syndrome

Jawaban:
E. Restless Leg Syndrome


11. Seorang perempuan usia 28 tahun datang dengan keluhan cemas karena terus-menerus memikirkan tesisnya. Keluhan ini semakin memberat sejak ia mendapatkan surat peringatan karena telah melewati masa studi. Sudah 1 bulan ini ia merasa terus murung dan sulit tidur karena terus menerus memikirkan tesisnya. Apakah terapi yang dapat diberikan untuk pasien ini?
A. Risperidon
B. Amitriptilin
C. Quetiapine
D. Lithium bicarbonate
E. Diazepam

Jawaban:
B. Amitriptilin


12. Seorang laki-laki usia 24 tahun dibawa ke poliklinik karena mengeluhkan badan terasa kaku, terutama pada bagian leher yang terpeluntir. Keluhan muncul setelah pasien mengkonsumsi obat-obatan dari dokter karena sering bicara sendiri, tidak mau makan, dan tidak mau merawat diri. Apakah tanda lain yang pemeriksa harapkan dalam kasus pasien ini?
A. Tic
B. Sydenham chorea
C. Kelemahan bersifat flacid
D. Hipertermia
E. Krisis okulogirik

Jawaban:
E. Krisis okulogirik


13. Apa warna TRIAGE pada pasien jiwa?
A. Merah
B. Hijau
C. Abu-abu
D. Hitam

Jawaban:
C. Abu-abu


14. Pada pasien dengan RUFA skor 21 – 30 masuk ruang intensif kategori?
A. Ruang intensif I
B. Ruang intensif 2
C. Ruang intensif 3

Jawaban:
C. Ruang intensif 3


15. Seorang pasien datang ke RSJ dengan risiko bunuh diri dan penyalahgunaan NAPZA. Pasien tersebut akan dirawat inap. Ruangan mana yang tepat untuk pasien?
A. Bangsal Psikiatri Tenang
B. Ruang NAPZA
C. Psychiatric Intensive Care Unit

Jawaban:
C. Psychiatric Intensive Care Unit


16. Pada seorang pasien ditemukan bahaya melukai diri sendiri atau orang lain, kadang-kadang gagal untuk mempertahankan perawatan diri yang minimal. Berapa Skor Skala GAF pasien tersebut?
A. Skor 21 - 30
B. Skor 11 - 20
C. Skor 1-10

Jawaban:
B. Skor 11 - 20


17. Intervensi apa yang dilakukan pada fase intensif III
A. Observasi Ketat
B. Bantuan kebutuhan hidup dasar
C. Terapi musik dan terapi olah raga
D. Ketramilan hidup (life skill therapy)

Jawaban:
D. Ketramilan hidup (life skill therapy)


18. Pasien dengan observasi kurang ketat sampai 72 jam, merupakan perawatan intensif fase?
A. Intensif Fase I
B. Intensif Fase II
C. Intensif Fase III

Jawaban:
B. Intensif Fase II


19. Pasien kekerasan/ agresif, ancaman langsung terhadap diri sendiri dan orang lain, agitasi/agresif berat. Masuk dalam ATS Kategori?
A. ATS 1
B. ATS 2
C. ATS 3
D. ATS 4

Jawaban:
B. ATS 2


20. Ny. RS, usia 40 thn diantar suaminya ke puskesmas karena sejak seminggu ini selalu menyimpan senjata tajam didekatnya. Pasien mengaku takut karena ada orang yang selalu mengintainya dan akan melukainya. Padahal menurut suami tidak ada siapa siapa di rumah selain dirinya dan anak anak. Selama ini dikatakan istrinya tidak memiliki musuh dan tidak pernah ada gejala lain selain keluhan tersebut. Pasien juga mengungkapkan ketakutannya karena kerap melihat wanita berbaju putih melayang melayang di kamar tidur dan membisikan pada dirinya untuk berhati hati karena kiamat sudah dekat. Diagnosa kerja pada pasien tsb adalah:
A. Skizofrenia paranoid
B. Skizoafektif
C. Gangguan waham
D. Psikosa akut
E. Depresi berat dengan gejala psikotik

Jawaban:
D. Psikosa akut