Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal (Uraian) Akuntansi Keuangan Menengah dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Akuntansi Keuangan Menengah

1. Perusahaan apa saja yang boleh menggunakan SAK ETAP?

Jawaban:
SAK ETAP hanya dapat digunakan oleh entitas yang: 
1. Tidak memilki akuntabilitas publik signifikan. 
2. Menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagi pengguna eksternal. Pengguna eksternal yang dimaksud adalah investor, kreditur dan lembaga pemberi peringkat kredit.


2. Standar akuntansi keuangan apa saja?

Jawaban:
Standar Akuntansi Keuangan yang ada di Indonesia dibagi menjadi empat, yaitu:
1. Standar Akuntansi Keuangan Umum konvergensi IFRS
2. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP)
3. Standar Akuntansi Keuangan Syariah (SAS)
4. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (EMKM


3. Mengapa laporan keuangan harus disusun dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi?

Jawaban:
Karena saat laporan keuangan disusun sesuai dengan PSAK, pengguna laporan keuangan akan menjadi lebih gampang untuk membandingkannya dengan laporan yang sebelumnya atau yang lain. Maka dari itu, penyusunan laporan keuangan perlu disesuaikan dengan PSAK yang berlaku.


4. Apa fungsi dari Standar Akuntansi Keuangan?

Jawaban:
Tujuan standar akuntansi keuangan, yaitu Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya. Memberikan informasi keuangan yang membantu pemakaian laporan keuangan. Memberikan informasi penting lainnya yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan untuk kebutuhan pemakaian laporan.


5. Apa Perbedaan PSAK dan IFRS?


PSAK menyajikan laporan pendapatan dengan item yang berbeda dari IFRS. Sedangkan di IFRS harus memilih satu format dari dua format yang tersedia. Laporan arus kas: Laporan arus kas yang hadir di PSAK dan IFRS juga punya format yang berbeda. PSAK mengharuskan metode langsung untuk beberapa item perhitungan.


6. Apa saja bentuk laporan keuangan?

Jawaban:
Jenis-jenis laporan keuangan ada lima, yaitu laporan laba rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dan CaLK.


7. Bagaimana perlakuan atas bunga selama masa konstruksi (selama masa pelaksanaan)

Jawaban:
Perlakuan atas bunga selama masa konstruksi (selama masa pelaksanaan) adalah bunga pinjaman itu dikapitalisasi ke dalam harga perolehan aktiva tetap dalam hal ini berupa gedung dan bunga yang dibayarkan pada saat gedung selesai dibangun dapat dibebankan sebagai biaya pada saat terjadinya.


8. Apa itu Akuntansi Keuangan Menengah?

Jawaban:
Akuntansi Keuangan Menengah merupakan pelatihan yang membahas secara lebih mendalam topik-topik akuntansi keuangan berdasarkan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) yang merupakan standar akuntansi keuangan di Indonesia.


9. Akuntansi keuangan Menengah belajar apa?

Jawaban:
Mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan keahlian kepada mahasiswa tentang akuntansi keuangan dan standar akuntansi, rerangka konseptual yang mendasari akuntansi keuangan, laporan keuangan (Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Catatan Atas laporan Keuangan)


10. Apa yang anda ketahui tentang kerangka konseptual yang mendasari akuntansi keuangan?

Jawaban:
Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan (KKPK) merupakan pengaturan yang merumuskan konsep yang mendasari penyusunan dan penyajian laporan keuangan untuk pengguna eksternal. Kerangka Konseptual bukan merupakan PSAK sehingga tidak mendefinisikan standar untuk pengukuran atau isu pengungkapan tertentu. 


11. Jelaskan perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Jawaban: 
Akuntansi keuangan berfokus pada pelaporan keuangan kepada pihak eksternal, sementara akuntansi manajemen lebih berorientasi pada penggunaan informasi keuangan untuk pengambilan keputusan internal.


12. Apa yang dimaksud dengan neraca saldo dan bagaimana cara menghitungnya?

Jawaban: 
Neraca saldo adalah ringkasan dari semua akun dalam buku besar pada akhir periode akuntansi. Untuk menghitungnya, total debit harus sama dengan total kredit untuk setiap akun.


13. Jelaskan konsep konservatisme dalam akuntansi keuangan.

Jawaban: 
Konsep konservatisme mengharuskan akuntan untuk lebih memilih konservatif dalam perkiraan, sehingga laba tidak dibesar-besarkan dan kerugian diakui lebih cepat daripada keuntungan.


14. Apa perbedaan antara aset tetap dan aset tidak berwujud?
Jawaban: Aset tetap adalah aset fisik yang memiliki bentuk nyata, seperti bangunan dan peralatan, sedangkan aset tidak berwujud adalah aset yang tidak memiliki bentuk fisik, seperti merek dagang dan paten.