Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Soal (Uraian) Analisis Pembangunan Ekonomi dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Analisis Pembangunan Ekonomi


1. Jelaskan peningkatan pendapatan per kapita yang terjadi harus berlangsung dalam jangka panjang!

Jawaban:
Suatu negara dianggap berkembang atau mengalami peningkatan secara ekonomi bisa terjadi peningkatan pendapatan per kapita dalam kurun waktu tertentu atau dalam jangka panjang, meskipun begitu hal ini tidak berarti kenaikan pendapatan per kapita harus terjadi terus-menerus, bila suatu negara atau daerah mengalami bencana alam biasanya pendapatan perkapitanya tentunya akan menurun namun hal ini merupakan kejadian tidak terduga yang sifatnya sementara, yang terpenting bagi suatu negara adalah adanya peningkatan per kapita rata-rata dalam jangka waktu tertentu.


2. Tuliskan tujuan pembangunan ekonomi!

Jawaban:
Tujuan utama pembangunan ekonomi suatu negara adalah terciptanya kesejahteraan masyarakat negara itu sendiri. Namun secara lebih rinci dan detail-nya, tujuan dari pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut
1. Meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dalam suatu wilayah atau negara dengan pemerataan pendapatan.
2. Meningkatkan kesempatan kerja atau mengurangi angka pengangguran dalam negara dengan menambah lapangan pekerjaan yang bisa menyerap banyak tenaga kerja atau SDM.
3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memperbaiki mutu pendidikannya.
4. Meningkatkan pemahaman dan juga sudut pandang masyarakat terhadap budaya nilai-nilai luhur suatu negara yaitu sosial, agama, dan kultur agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya luar yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dalam suatu Negara.
5. Menghindari kemungkinan terjadinya inflasi seminim mungkin.


3. Faktor yang mempengaruhi pemerintah dalam menyusun strategi pembangunan ekonomi?

Jawaban:
Faktor yang mempengaruhi pemerintah dalam menyusun strategi pembangunan ekonomi suatu negara juga ditentukan oleh beberapa faktor berikut:
a. Sumber Daya Alam (SDA)
Sebagaimana sumber daya alam (SDA) suatu negara atau wilayah itu terbatas, maka pemerintah harus mampu memanfaatkan sumber daya alam sebijaksana mungkin untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
b. Modal
Untuk melaksanakan pemanfaatan tersebut tentunya diperlukan modal, berupa barang-barang yang digunakan yang memproduksi output yaitu barang dan jasa. Dimana meningkatkan produksi baik barang dan jasa menunjukkan ekonomi yang sedang berkembang.
c. Tenaga Kerja atau Sumber Daya Manusia (SDM)
Selain itu juga dibutuhkan tenaga kerjanya atau sumber daya manusianya (SDM) dalam mengelola SDA maupun modalnya untuk menciptakan terjadinya pertumbuhan ekonom suatu negara atau wilayah. Pertambahan tenaga kerja juga mempengaruhi meningkatkan jumlah produksi barang maupun jasa.
d. Teknologi
Agar suatu upaya atau usaha dapat berjalan atau dilaksanakan dengan efektif dan efisien, ditambah semakin maraknya era digital di jaman yang serba modern ini, maka tentunya pemerintah juga menyediakan dan senantiasa berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Selain itu kemajuan teknologi suatu negara atau wilayah juga mampu menimbulkan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi menjadi lebih cepat.
e. Aspek Kehidupan
Yang termasuk dalam aspek kehidupan yaitu sosial, budaya, politik, ekonomi dan masyarakat dimana meningkatkan aspek kehidupan dapat menjadi suatu tanda atau bukti nyata bahwa sebuah negara atau wilayah sedang mengalami atau sudah mengalami pembangunan ekonomi.